Fungsi Excel NETWORKDAYS

Fungsi Excel NETWORKDAYS

Fungsi Excel NETWORKDAYS | Contoh Formula

Kapan Fungsi Excel NETWORKDAYS Dapat Digunakan?

Fungsi Excel NETWORKDAYS dapat digunakan ketika Anda ingin mendapatkan jumlah hari kerja antara dua tanggal yang diberikan. Itu tidak menghitung akhir pekan antara tanggal yang ditentukan (secara default akhir pekan adalah Sabtu dan Minggu). Itu juga dapat mengecualikan hari libur tertentu.

Bagaimana Hasilnya

Fungsi ini menghasilkan bilangan bulat positif yang mewakili jumlah hari kerja antara dua tanggal yang ditentukan.

Sintaksis

=NETWORKDAYS(start_date, end_date, [holidays])

Argumen Input

  • start_date – nilai tanggal yang mewakili tanggal mulai.
  • end_date – nilai tanggal yang mewakili tanggal akhir.
  • [holidays] – (Opsional) fungsi ini adalah rentang tanggal yang tidak termasuk dalam perhitungan. Misalnya, ini bisa menjadi hari libur nasional. fungsi ini bisa dimasukkan sebagai referensi ke rentang sel yang berisi tanggal, atau bisa menjadi array nomor seri yang mewakili tanggal.

    Catatan

    • Sabtu dan Minggu dianggap sebagai akhir pekan secara default oleh Excel dan tidak dihitung. Jika Anda ingin akhir pekan menjadi hari selain Sabtu dan Minggu, gunakan fungsi NETWORKDAYS.INTL.
    • Tanggal dapat dimasukkan sebagai: Hasil dari beberapa fungsi lainnya, Tanggal disimpan sebagai teks, dan Tanggal dimasukkan sebagai teks (dalam tanda kutip/petik ganda).
    • Fungsi NETWORKDAYS akan menunjukkan nilai error #VALUE! jika ada argumen yang tidak valid.
    • Fungsi ini adalah bagian dari Analysis Tool Pack (ATP) dan bukan fungsi bawaan Excel. Karenanya, jika Anda menemukan erorr #NAME!, bisa jadi karena tidak memiliki ATP atau tidak diinput dengan benar. Jika demikian, coba muat ulang atau reload ATP.

    Contoh Fungsi NETWORKDAYS

    Contoh #1 Menghitung jumlah hari antara dua tanggal (tidak termasuk akhir pekan)

    Fungsi Excel NETWORKDAYS
    Dalam contoh di atas, fungsi Excel NETWORKDAYS menghitung jumlah hari antara 28 Desember  2018 dan 1 Februari 2019. Fungsi Excel di atas tidak menghitung hari akhir pekan yaitu Sabtu dan Minggu dan menghasilkan nilai sejumlah 26 sebagai hasilnya.
    Dalam contoh di atas, ExcelManiacs tidak menetapkan hari libur, jadi hanya akhir pekan yang dikecualikan atau tidak dihitung.

    Contoh #2 Menghitung jumlah hari antara dua tanggal (tidak termasuk akhir pekan dan Hari Libur)

    Fungsi Excel NETWORKDAYS
    Dalam contoh di atas, fungsi Excel NETWORKDAYS menghitung jumlah hari antara tanggal 23 Desember 2018 dan 01 Februari 2019 tidak termasuk akhir pekan (Sabtu dan Minggu) dan hari libur yang ditentukan yaitu tanggal 25 Desember dan tanggal 1 Januari atau 2 hari. Maka hasilnya adalah 28 hari.
    Demikian penjelasan singkat dari ExcelManiacs seputar Fungsi Excel – NETWORKDAYS, mudah-mudahan bermanfaat bagi pengetahuan Excel Anda.
    Special Credit to TrumpExcel.com


    >>> Terima Kasih <<<

    Source: Fungsi Excel NETWORKDAYS

    Tinggalkan Balasan