Fungsi Excel DATEDIF

Fungsi Excel DATEDIF

Fungsi Excel DATEDIF | Contoh Formula

Excel DATEDIF adalah salah satu fungsi excel dari beberapa fungsi tidak terdokumentasi dalam Excel (selain itu antara lain fungsi EVALUASI, FILES, dan GET.CELL).
Tidak terdokumentasi berarti bahwa Anda tidak akan menemukannya di daftar rumus atau sebagai bagian dari IntelliSense seperti terlihat pada gambar di bawah.
Fungsi Excel DATEDIF

Kapan Fungsi Excel DATEDIF Dapat Digunakan?

Fungsi Excel DATEDIF dapat digunakan ketika Anda ingin menghitung jumlah tahun, bulan, atau hari antara dua tanggal yang telah ditentukan. Contoh paling baik untuk digunakan adalah ketika Anda ingin menghitung usia.

Bagaimana Hasilnya

Fungsi ini menghasilkan nilai numerik yang menunjukkan jumlah Tahun / Bulan / Hari antara dua tanggal yang ditentukan. Apakah itu jumlah Tahun, atau Bulan, atau Hari ditentukan oleh nilai yang Anda input (lihat Argumen input di bawah).

Sintaksis

=DATEDIF(start_date,end_date,unit)

Argumen Input

  • start_date: yaitu tanggal yang mewakili nilai tanggal awal periode. Nilai tersebut dapat dimasukkan sebagai teks dalam tanda kutip ganda (), sebagai nomor seri atau sebagai hasil dari beberapa fungsi lain, seperti DATE ().
  • end_date: adalah tanggal yang mewakili nilai tanggal akhir periode. Nilai tersebut dapat dimasukkan sebagai teks dalam tanda kutip ganda (), sebagai nomor seri atau sebagai hasil dari beberapa fungsi lain, seperti DATE ().
  • unit: Nilai ini akan menentukan jenis hasil apa yang Anda dapatkan dari fungsi ini. Ada enam output berbeda yang bisa Anda dapatkan dari fungsi DATEDIF, berdasarkan pada unit apa yang Anda gunakan. Berikut adalah unit yang dapat Anda gunakan:
  1. “Y” – menghasilkan jumlah tahun yang diselesaikan dalam periode yang ditentukan.
  2. “M” – menghasilkan jumlah bulan yang diselesaikan dalam periode yang ditentukan.
  3. “D” – menghasilkan jumlah hari yang diselesaikan dalam periode yang ditentukan.
  4. “MD” – menghasilkan jumlah hari dalam periode tersebut, tetapi tidak menghitung hari dalam Tahun dan Bulan yang telah selesai.
  5. “YM” – menghasilkan jumlah bulan dalam periode tersebut, tetapi tidak menghitung yang pada tahun-tahun yang telah selesai.
  6. “YD” – menghasilkan jumlah hari dalam periode tersebut, tetapi tidak menghitung hari di tahun-tahun yang telah selesai.

Catatan tambahan

  • Fungsi Excel DATEDIF disediakan untuk kompatibilitas dengan Lotus 1-2-3.
  • Saat mengetik fungsi ini dalam sel di Excel, itu TIDAK akan menunjukkan IntelliSense. Bahkan tidak akan menampilkan nama fungsi saat Anda memasukkannya ke dalam sel. Namun, ini berfungsi di semua versi Excel. Anda perlu mengetahui argumen dan cara menggunakannya.
    Fungsi Excel DATEDIF
    • Tanggal dapat dimasukkan sebagai string teks dalam tanda kutip ganda (misalnya, “2016/1/15”), sebagai nomor seri (misalnya, 42384, yang mewakili 15 Januari 2016, jika Anda menggunakan sistem tanggal 1900), atau sebagai hasil dari formula / fungsi lain (misalnya, DATEVALUE (“2016/1/15”)).

    Contoh Fungsi DATEDIF

    #1 Menghitung Jumlah Tahun yang dihasilkan antara dua tanggal.

    Fungsi Excel DATEDIF
    Dalam contoh di atas, fungsi Excel DATEDIF menghasilkan jumlah tahun yang dihasilkan antara 01 Februari 1999 dan tanggal saat ini (yaitu 01 Februari 2019) yang menghasilkan nilai 26, jumlah tersebut adalah jumlah tahun atau usia dengan tidak menghitung bulan maupun harinya.

    #2 Menghitung Jumlah Bulan yang dihasilkan antara dua tanggal.

    Fungsi Excel DATEDIF
    Dalam contoh di atas, fungsi Excel DATEDIF menghasilkan jumlah bulan antara tanggal 01 Februari 1999 dan tanggal saat ini (yaitu 01 Februari 2019).

    Jumlah bulan yang dihasilkan 240, jumlah tersebut adalah jumlah total bulan antara dua tanggal tersebut dengan mengabaikan jumlah harinya.

    #3 Menghitung Jumlah Hari yang dihasilkan antara dua tanggal.

    Fungsi Excel DATEDIF

    Dalam contoh di atas, fungsi Excel DATEDIF menghasilkan jumlah hari antara tanggal 01 Februari 1999 dan tanggal saat ini (yaitu 01 Februari 2019).

    Jumlah hari yang dihasilkan adalah 7305, jumlah tersebut adalah jumlah total hari antara dua tanggal tersebut.

    Sebagai bahan berlatih, Anda dapat baca posting ExcelManiacs sebelumnya dalam Rumus Hitung Usia Pakai Excel

    Demikian penjelasan singkat dari ExcelManiacs seputar Fungsi Excel – DATEDIF, mudah-mudahan bermanfaat bagi pengetahuan Excel Anda.
    Special Credit to TrumpExcel.com


    >>> Terima Kasih <<<

    Source: Fungsi Excel DATEDIF

    Tinggalkan Balasan