Fungsi Excel NOW

Fungsi Excel NOW

Fungsi Excel NOW | Contoh Formula

Kapan Fungsi Excel NOW Dapat Digunakan?

Fungsi NOW dapat digunakan untuk mendapatkan nilai tanggal dan waktu saat ini. Fungsi ini berguna ketika Anda ingin memperbarui waktu setiap kali seseorang membuka dokumen Excel atau ketika perhitungan yang ditentukan oleh waktu saat ini.

Bagaimana Hasilnya

Fungsi ini menghasilkan nomor seri yang mewakili tanggal dan waktu saat ini. Bagian nilai dari nomor seri tersebut mewakili tanggal dan bagian desimal mewakili waktu.

Sintaksis

=NOW()

Argumen Input

  • Fungsi NOW tidak membutuhkan argumen input. Fungsi ini hanya menggunakan tanda dengan tanda kurung kosong.

    Catatan

    • NOW adalah fungsi yang dinamis sehingga selalu berubah mengikuti waktu saat ini dan harus digunakan dengan hati-hati.
    • Fungsi ini menghitung ulang setiap kali dokumen excel Anda buka. Artinya bahwa nilai NOW terus berubah berdasarkan tanggal dan waktu saat ini.
    • Karena fungsi ini selalu mengkalkulasi ulang, sehingga membuat loading Excel lebih lama dan tentunya dapat memperlambat kinerja Excel pada PC Anda.
    • Untuk mendapatkan waktu statis (yang tidak menghitung ulang), ketikkan nilai secara manual atau gunakan keyboard shorcut: Control + Shift + : (Catatan: shortcut ini hanya mendapatkan komponen waktunya saja, bukan tanggal).
    • Jika Anda tidak ingin fungsi Excel NOW untuk selalu menghitung ulang, Anda dapat mengubah pengaturan Excel dari perhitungan otomatis ke perhitungan manual. Anda dapat merubahn pengaturan ini melalui Excel Option.

    Contoh Fungsi NOW

    Dalam contoh di atas, fungsi Excel NOW menampilkan waktu sesuai Format Cell yang Anda tentukan pada setia cellnya. Gambar di bawah adalah format tanggal yang ditunjukkan pada kolom B1.

    Fungsi Excel NOW
    Demikian penjelasan singkat dari ExcelManiacs seputar Fungsi Excel – NOW, mudah-mudahan bermanfaat bagi pengetahuan Excel Anda.
    Special Credit to TrumpExcel.com


    >>> Terima Kasih <<<


    Source: Fungsi Excel NOW

    Tinggalkan Balasan