Fungsi Excel NETWORKDAYS.INTL

Fungsi Excel NETWORKDAYS.INTL

Fungsi Excel NETWORKDAYS.INTL | Contoh Formula

Kapan Fungsi Excel NETWORKDAYS.INTL Dapat Digunakan?

Fungsi Excel NETWORKDAYS.INTL dapat digunakan ketika Anda ingin mengetahui jumlah hari kerja antara dua tanggal yang telah ditentukan. Fungsi ini dapat tidak menghitung akhir pekan dan hari libur atau dapat juga ditentukan oleh Anda.

Fungsi ini dapat digunakan ketika Anda ingin menghitung jumlah hari kerja atau hari di luar jam kerja (lembur) yang diperoleh karyawan dalam waktu satu bulan tertentu. Anda juga dapat menentukan akhir pekan (misalnya, Anda dapat menentukan Jumat dan Sabtu sebagai akhir pekan, atau hanya Minggu sebagai akhir pekan).

Bagaimana Hasilnya

Fungsi ini menghasilkan bilangan bulat positif yang mewakili jumlah total hari kerja antara dua tanggal yang ditentukan.

Sintaksis

=NETWORKDAYS.INTL(start_date, end_date, [weekend], [holidays])

Argumen Input

  • start_date – nilai tanggal yang mewakili tanggal awal perhitungan.
  • end_date – nilai tanggal yang mewakili tanggal akhir perhitungan.
  • [weekend] – (akhir pekan) dalam fungsi ini Anda dapat menentukan akhir pekan. Jika ini dihilangkan, maka hari Sabtu dan Minggu diambil sebagai akhir pekan.
  • [holidays] – (hari libur) adalah rentang tanggal yang tidak termasuk dalam perhitungan. Misalnya, tanggal tertentu bisa dijadikan hari libur nasional/cuti bersama. fungsi ini bisa diinput sebagai referensi ke rentang sel yang berisi tanggal atau bisa menjadi array nomor seri yang mewakili tanggal.

    Catatan

    • Dapat digunakan untuk menghitung hari kerja atau lembur yang diperoleh seorang karyawan dalam bulan tertentu.
    • Tanggal dapat dimasukkan sebagai: hasil dari beberapa fungsi lainnya, Tanggal disimpan sebagai teks atau Tanggal dimasukkan sebagai teks dalam tanda kutip ().
    • Akhir pekan bisa ditentukan selama dua hari berturut-turut atau satu hari dalam seminggu. Saat Anda memasukkan argumen akhir pekan, Excel menunjukkan menu dropdown sehingga Anda dapat memilih opsi yang relevan.
    • Dalam hal pekerjaan paruh waktu atau hari tidak bekerja berturut-turut, ketikkan format di bawah ini di bagian [akhir pekan] sebagai berikut:
    Misalkan Anda hanya bekerja pada hari Senin dan Rabu, gunakan “0101111” [0 mewakili hari kerja dan 1 mewakili hari tidak bekerja]

    • Angka pertama dalam format ini mewakili hari Senin dan yang terakhir mewakili hari Minggu
    • Gunakan nomor ini dalam tanda kutip ganda (” “).
    • Dengan logika yang sama, “1010111” menunjukkan bahwa hanya hari Selasa dan Kamis yang bekerja, dan sisanya 5 hari tidak bekerja.

    Contoh Fungsi NETWORKDAYS.INTL

    Contoh #1 Menghitung jumlah hari antara dua tanggal (tidak termasuk akhir pekan dan hari libur)

    Fungsi Excel NETWORKDAYS.INTL
    Dalam contoh di atas, fungsi Excel NETWORKDAYS.INTL menghitung jumlah hari antara 01 Januari 2019 sampai dengan tanggal 31 Januari 2019. Fungsi Excel di atas tidak menghitung akhir pekan yaitu Sabtu dan Minggu dan tidak hari libur/cuti bersama sehingga menghasilkan nilai hari kerja 23 hari sebagai hasilnya.

    Contoh #2 Menghitung jumlah hari antara dua tanggal (tidak termasuk akhir pekan dan Hari Libur)

    Fungsi Excel NETWORKDAYS.INTL
    Dalam contoh di atas, fungsi Excel NETWORKDAYS.INTL menghitung jumlah hari antara tanggal 01 Januari 2019 sampai dengan tanggal 22 Januari 2019 tidak termasuk akhir pekan (Sabtu dan Minggu) dan hari libur yang ditentukan yaitu tanggal 01 Januari dan tanggal 31 Januari atau 2 hari. Maka hari kerja efektif adalah 15 hari.
    Demikian penjelasan singkat dari ExcelManiacs seputar Fungsi Excel – NETWORKDAYS.INTL, mudah-mudahan bermanfaat bagi pengetahuan Excel Anda.
    Special Credit to TrumpExcel.com


    >>> Terima Kasih <<<

    Source: Fungsi Excel NETWORKDAYS.INTL

    Tinggalkan Balasan