PENJELASAN KEGUNAAN DSTNAT & SRCNAT PADA MIKROTIK

Asslamamu’alaikum wr.wb
Pada materi ini, saya akan menjelaskan kegunaan nat firewall pada mikrotik

NAT (Network Address Translation)
Pada menu Firewall → NAT terdapat 2 macam opsi chain yang tersedia, yaitu dst-nat dan src-nat. Dan fungsi dari NAT sendiri adalah untuk melakukan pengubahan Source Address maupun Destination Address. Kemudian fungsi dari masing-masing chain tersebut adalah sebagai berikut:

Screenshot_1 

– dstnat :
Memiliki fungsi untuk mengubah destination atau tujuan address pada sebuah paket data. Biasa digunakan untuk membuat host dalam jaringan lokal dapat diakses dari luar jaringan (internet) dengan cara NAT akan mengganti alamat IP tujuan paket dengan alamat IP lokal. Jadi kesimpulan fungsi dari chain ini adalah untuk mengubah/mengganti IP Address tujuan pada sebuah paket data.

– srcnat :
Memiliki fungsi untuk mengubah source atau sumber address dari sebuah paket data. Sebagai contoh kasus fungsi dari chain ini banyak digunakan ketika kita melakukan akses website dari jaringan LAN. Secara aturan untuk IP Address local tidak diperbolehkan untuk masuk ke jaringan WAN, maka diperlukan konfigurasi ‘srcnat’ ini. Sehingga IP Address lokal akan disembunyikan dan diganti dengan IP Address public yang terpasang pada router.

Seperti itulah penjelasan dari dst & srcnat pada mikrotik

SEKIAN DARI SAYA SEMOGA BERMANFAAT😀

Wassalamu’alaikum wr.wb


Source: PENJELASAN KEGUNAAN DSTNAT & SRCNAT PADA MIKROTIK

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *