PENJELASAN FIREWALL PROTOCOL PADA WINBOX MIKROTIK

Assalmualaikum wr, wb.
Pada kali ini saya akan menyampaikan materi tentang penjelasan firewall protocol pada mirkotik

Screenshot_4 

Langsung saja kita mulai dari yang pertama

1. ICMP

Internet Control Message Protocol (ICMP) adalah salah satu protokol inti dari keluarga protokol internet. ICMP utamanya digunakan oleh sistem operasi komputer jaringan untuk mengirim pesan kesalahan yang menyatakan, sebagai contoh, bahwa komputer tujuan tidak bisa dijangkau.

Jadi intinya icmp ini adalah protokol yang mengirimkan pesan yang berisi informasi kesalahan di dalam jaringan komputer.

2. IGMP

Internet Group Message Protocol (IGMP) adalah protokol  yang mengelola keanggotaan grup.
Protokol IGMP memberikan informasi router-router multicast tentang status keanggotaan dari host (router) yang terkoneksi ke network.

3. GGP

Gateway-to-Gateway Protocol (GGP) router inti yang memiliki informasi lengkap mengenai router inti lain. tabel routingnya berupa peta, dimana network-network Autonomous System terhubung pada router inti. Router inti tidak memiliki informasi detail mengenai routing internal di dalam Autonomous System.

4. IP-ENCAP

Protokol ini menyediakan mekanisme untuk merangkum header IP dengan header IP luar untuk tunneling. Dan ip akan di enkapsulasikan sehingga aman dari serangan hacker

5. ST

Internet Streaming Protocol (ST) adalah keluarga protokol eksperimental pertama kali didefinisikan dalam percobaan internet IEN 119, dan kemudian secara substansi di revisi dalam RFC 1190 dan RFC 1819

6. TCP

TCP ( Transmission Control Protocol) adalah suatu protokol yang berada dilapisan transport (lapisan ke empat dari model OSI) yang berorientasi sambungan (connection – oriented) dan dapat diandalkan (reliable).  Komputer-komputer yang terhubung dengan atau ke internet, berkomunikasi menggunakan protokol ini.  Karena menggunakan bahasa yang sama, yaitu protokol TCP/IP, perbedaan jenis komputer ataupun perbedaan Sistem Operasi tidak menjadikan masalah.
Jadi TCP adalah protokol yang memungkinkan berkomunikasi komputer satu dengan komputer lan

7. EGP

Exterior Gateway Protocol (EGP) merupakan protokol yang mengumumkan kepadaAutonomous System yang lain tentang jaringan yang berada dibawahnya, maka jika sebuahAutonomous System ingin berhubungan dengan jaringan yang ada dibawahnya maka mereka harus melaluinya sebagai router utama.

8. PUP

PARC Universal Packet (PUP) adalah salah satu protokol internetwork yang diciptakan oleh para peneliti di Xerox PARC.

9. UDP

UDP, singkatan dari User Datagram Protocol, adalah salah satu protokol lapisan transpor TCP/IP yang mendukung komunikasi yang tidak andal (unreliable), tanpa koneksi (connectionless) antara host-host dalam jaringan yang menggunakan TCP/IP.

10. HMP

Host Monitoring Protocol (HMP) adalah protokol yang digunakan untuk mengumpulkan informasi dari host di berbagai jaringan.

11. XNS-IDP

Xerox Network Services (umum XNS) adalah sebuah protokol suite promulgated oleh Xerox, yang disediakan routing dan pengiriman paket, serta fungsi tingkat tinggi seperti streaming yang handal, dan jauh prosedur panggilan

12. RDP

Reliable Data Protocol ( RDP ) adalah protokol transport yang handal ditujukan untuk mengefisensi transfer data , dan pengendalian aplikasi.

13. ISO-TP4

Transport Protocol 4 (TP4) adalah protokol yang berada di lapisan tranpsort dari model Open System Interconnecion (OSI) untuk mengelola komunikasi, kontrol , dan kesalahan, agar data yang dikirim dipastikan lengkap

14. XTP

Xpress Transport Protocol (XTP) adalah protokol yang berada di layer transport yang mempunayi kecepatan tinggi, dan dibuat untuk menggantikan TCP

15. DDP

Distribudet Data Protocol (DDP) adalah protokol client-server yang berfungsi untuk memperbaharui data server dan untuk mensinkronasikan update dari client

16. IDPR-CMTP

Inter-Domain Policy Routing Protocol 

17. GRE

Generic Routing Encapsulation (GRE) adalah protokol tunneling yang dikembangkan oleh Cisco Systems yang dapat merangkum berbagai lapisan jaringan protokol dalam point-to-point virtual melalui protokol jaringan internet

18. IPSEC-ESP

IP Security Encapsulating Security Payload dirancang untukmenyediakan campuran layanan keamanan di IPv4 dan IPv6

19. IPSEC-AH

IP Security Authentication Header  adalah protokol yang menyediakan integritas data , otentikasi data asal , Authentication header tidak menyediakan kerahasiaan data (tidak di enkripsi)

20. RSPF

Radio Shortest Path First (RSPF) adalah protokol routing untuk jaringan nirkabel. Implementasi ini khusus ditulis untuk Linux dan sesuai dengan versi 2.2 dari spesifikasi protokol

21. VMTP

Virtual Router Redundancy Protocol (VRRP) adalah protocol yang memungkinkan untuk topology IP-Fault-Tolerant. Seperti halnya Cisco proprietary protocol HSRP (Hot Standby Router Protocol), konsep VRRP yang dikembangkan oleh IEEE ini memiliki tujuan yang sama yaitu REDUNDANCY. Fungsi VRRP itu sendiri adalah menyediakan backup gateway, sehingga apabila primary gateway (master) failed traffic akan dilewatkan ke secondary gateway (backup).

22. OSPF

OSPF (Open Shortest Path First) merupakan sebuah routing protokol berjenis IGRP (InteriorGateway Routing Protocol)
yang hanya dapat bekerja dalam jaringan internal suatu ogranisasi atau perusahaan.

23. IPIP

IP-within-IP Encapsulation Protocol (IPIP) 

24. ENCAP

Encapsulation adalah metode merancang protokol komunikasi modular di mana fungsi logis terpisah di jaringan diabstraksikan dari struktur yang mendasari mereka dengan dimasukkan atau menyembunyikan informasi dalam obyek yang lebih tinggi.

25. VRRP

Virtual Router Redundancy Protocol (VRRP) adalah protocol yang memungkinkan untuk topology IP-Fault-Tolerant. Seperti halnya Cisco proprietary protocol HSRP (Hot Standby Router Protocol), konsep VRRP yang dikembangkan oleh IEEE ini memiliki tujuan yang sama yaitu REDUNDANCY. Fungsi VRRP itu sendiri adalah menyediakan backup gateway, sehingga apabila primary gateway (master) failed traffic akan dilewatkan ke secondary gateway (backup).

Seperti itulah penjelasan dari firewall protocol pada winbox mikrotik

SEKIAN DARI SAYA SEMOGA BERMANFAAT 😀

Wassalamu’alaikum wr.wb


Source: PENJELASAN FIREWALL PROTOCOL PADA WINBOX MIKROTIK

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *