Mikrotik User Meeting 2016 – Jakarta

Assalamualaikum Wr.Wb

mum1

Mikrotik User Meeting (MUM) adalah acara yang di adakan oleh mikrotik tiap tahunya di berbagai negara, Indonesia termasuk salah satu negara yang di tunjuk untuk mengadakan MUM, pada tahun ini MUM di Indoneisa di lakukan pada tanggal 12, 13,dan 14 Oktober yang bertempat di Hotel Holiday Inn, Jakarta.

Berikut adalah acara yang diselenggarakan pada MUM 2016

Day 1 – 12 Oktober

Ini merupakan hari pertama pada mum di holiday inn, sebenarnya saya baru pertama kali ke Holiday inn. Kemudian sekitar sore ada acara “ Meet ‘n’ greet party, early registration “. Sudah tentu namanya, ketemu ketemu :v, ya disini kita ketemu sama bule bule mikrotik, master mikrotik, siswa siswi dari berbagai sekolah, lalu kami mendapat merchandise dan makan makan sehabis itu pulang.

Day 2 – 13 Oktober
Pada hari kedua ini sudah mulai masuk ke acara utama yaitu presentasi dari berbagai master mikrotik yang sudah mempersiapkan materi nya masing masing, dan berikut adalah jadwal dan beberapa presentasi dari hari kedua ini.

Pertama kita diperlihatkan dengan produk mikrotik baru yang dipersentasikan oleh bule, tentang produk mikrotik yang baru yaitu :

  • LHG.5  (Light Head Grid)
  • QuickMOUNT pro LHG
  • SXT Lite
  • hEX PoE
  • 911 Lite 5ac
  • Omni TIK 5ac
  • wAP LTE kit
  • cAP
  • wAP AC Series
  • dll

Beberapa persentasi itu ialah

In depth testing: Multi Point Wireless Access Point on RouterOS by Valens Riyadi, Pujo Dewobroto (Citraweb, Indonesia)

Presentasi yang di bawakan oleh Pak Valens ini mengenai wireless dalam mode point to multi point. Dalam presentasi itu menjelaskan, kita bertindak sebagai Access Point

  1. Skema pertama: kita mempunyai wifi, dan ada 3 client yang terkoneksi , di saat kita melihat ternyata bandwidth nya sama terbagi rata
  2. Skema kedua: tiba tiba ada 1 client lagi yang terkoneksi, disaat kita lihat lagi ternyata bandwidth nya malah aneh tidak terbagi dengan rata.

Lalu beliau menjelaskan ada 2 penyebab kenapa bandwidth yang awal nya terbagi rata dan seketika menjadi aneh tidak karuan membagi bandwidth

  1. Di wireless ada beberapa bagian yaitu b/g/n apabila kita serting wireless kita dengan (n) . Dan client kita sudah support dengan jaringan itu maka akan sama seperti skema 1. Dan apabila tiba” ada 1 client lagi yang terkoneksi dengan wireless kita. Dan hp si client itu tidak support dengan jaringan N yang tadi kita setting di wireless maka akan sama kejadian seperti di SKEMA 2
  2. Data rate, Data rate adalah Ukuran kecepatan bit data dalam proses transmisi, dihitung dalam bit per, kita bisa lihat data rate tersebut, data rate ini bisa menyebabkan wireless kita seperti itu

Kemudian beliau memberikan tips untuk mengatasi nya yaitu, Dengan kita setting di data rate wireless kita, dari persen berapa sampai berapa kita setting data rate, Agar tidak terjadi seperti di skema 2

MikroTik Hotspot 2.0 (IEEE 802.11u) by Rofiq Fauzi

Create Your Own Secure VPN Connection Using OpenVPN by Irfan Dhia Irsyad

Menjelaskan cara sederhana, mudah, anggaran rendah dan Connection VPN aman tanpa akses VPN langsung dan infrastruktur menggunakan OpenVPN untuk MikroTik.

Implementation EoIP over VPN on dynamic IP by Teddy Yuliswar (Politeknik Negeri Padang, Indonesia)

Disini beliau menjelaskan bagaimana cara setting Tunnel dengan menggunakan metode EoIP over VPN. Metode Tunnel ini berguna untuk menghubungkan 2 cabang perusahaan yang berbeda network walaupun cabang kita berbeda kota. Untuk VPN nya berfungsi mengenkripsi jaringannya agar tidak di decrypt oleh orang lain, atau juga membuat jalur sendiri agar saling terhubung.

MikroTik in real life, full scale and low budget ISP by Wima Sangga Yudanto (iNet Timor, Indonesia)

Presentasi ini menjelaskan tentang Pak Wima menceritakan pengalaman sederhana, bukan materi teknis.

Dahulu, Pak Wima mempunyai isp dan memakai perangkat cisco, pada suatu hari, perangkat cisconya itu terbakar, kemudian Pak Wima menggantinya dengan mikrotik, karena dari segi performa mikrotik lebih unggul, dan murah ughaa, makanya ganti ke mikrotik ( low budget).

Presentasi ini yang lumayan menarik karena menjelaskan tentang membangun ISP dengan low budget, hanya dengan uang seadanya kita bisa membangun ISP.

QoS on Hotspot by Paul Darius

Menunjukkan semua konfigurasi dari awal sampai akhir bagaimana cara mengkonfigurasi hotspot dan membuat kecepatan yang berbeda dari klien sesuai dengan internal posisi manajemen dan hotel room type.

Day 3 – 14 Oktober

Ini merupakan hari terakhir di adakan nya MUM di jakarta, dan salah satu teman saya juga ikut presentasi pada hari ketiga ini.

Prevention Bruteforce MikroTik by Fajar Amanullah Zaky (SMK Catur Global, Indonesia)

Pada presentasi  ini menjelaskan tentang Upaya penanganan Brute Force, Brute Force sendiri adalah metode untuk meretas passworddengan cara mencoba semua kemungkinan kombinasi yang ada pada “wordlist“. Metode ini dijamin akan berhasil menemukan password yang ingin diretas karena mencari kombinasi password dan mencoba satu persatu . Namun, proses untuk meretas password dengan cara ini akan memakan waktu/lama.

Seorang Attacker menggunakan brute force ini untuk mengetahui password dari user,dan brute force juga bisa memakan resource CPU kita, dan Persentator menjelaskan bagaimana cara melawan brute force. Kita bisa lawan Brute Force ini dengan menggunakan fitur Firewall di mikrotik, kita buat firewall untuk SSH TELNET dan FTP karena tiga itu sangat mudah untuk di hantam oleh si Attacker.

How to build 2 Radius Server in 1 Router MikroTik by Irfan Divi Zianka (SMKN 1 Kota Bekasi, Indonesia)

Irfan ini adalah teman saya dan  salah satu perwakilan dari sekolah saya, dan dia mempresentasikan tentang “Membuat 2 Radius Server dalam 1 Router Mikrotik”

Radius  (Remote Authentication Dial In User Service) merupakan protokol jaringan yang menjalankan service management Authentication, Authorization, dan Accounting secara terpusat untuk user yang terkoneksi dan ingin menggunakan resource dalam jaringan.

Persentasi ini menjelaskan bagaiman membuat 2 radius server yaitu sebagai berikut :

  • Menentukan ether berapa saja yang untuk di jadikan gateway untuk setiap radius tersebut
  • Membuat user profile
  • Setting di user manager, user manager inilah yang mengatur dan membuat user
  • Mengoneksikan nya saja dengan server nya, kita buka google dan akan langsung ke direct dengan hostpot yang kita buat tadi,
  • Dan isikan user dan password yang sama seperti yang dibuat di user manager nya

SMS Notification Integration for The Dude Network Monitoring System by Rizky Agung Pratama

Menjelaskan bagaimana mengintegrasikan Jaringan Sistem Monitoring dengan SMS Notifikasi. Ketika perangkat diubah statusnya (up/down), maka SMS akan dikirim untuk memberitahu Status perangkat.

DNS Spoofing by Michael Takeuchi (SMK Taruna Bhakti Depok, Indonesia)

Dalam presentasi ini si Michael menjelaskan bagaimana membuat DNS Spoofing
DNS spoofing adalah istilah yang digunakan ketika server DNS menerima dan menggunakan informasi yang salah dari host yang tidak memiliki otoritas memberikan informasi tersebut. DNS spoofing sebenarnya tembolok berbahaya keracunan dimana data ditempa ditempatkan di cache server. Pada presentasi ini melakukan konfigurasi membuat DNS Spoofing, yaitu dengan cara membuat DNS Static, misalnya kita isi “facebook.com” dan kita arahkan ip nya ke address server kita, si korban akan langsung ke redirect menuju server kita, dan disitu lah kita bisa beraksi

HTB-Queue Tree by Azfar Hameed Khan

Presentator akan membahas :

  • Introduction to advance traffic control
  • Advantages of HTB- queue tree
  • Packet Flow
  • Mangle Facility (marking connections & marking packets)
  • Parent and child Queues

Introduction to MPLS using RouterOS by Irvan Adrian Kristiono (CV. Central Network, Indonesia)

Beliau menjelaskan tentang konfigurasi MPLSMPLS adalah metode tunneling, dan MPLS ini sangat lebih aman dibanding routing, karena MPLS ini memakan resource sedikit dari cpu

Konfigurasi yang di lakukan adalah :

  • Melakukan Routing OSPF agar semua router yang berbeda network dapat saling terhubung
  • lalu tinggal kita tunnel saja dari router awal ke router ujung

Dan pada hari ketiga ini juga ada pembagian hadiah bagi para user mikrotik yang beruntung dan salah satu teman saya mendapat hadiah yang lumayan besar yaitu switch mikrobit 24 port.

Dan untuk persentasi terakhir adalah

Alternative power for MikroTik – Water energy by Jaromir Cihak

Pada beberapa tempat terdapat listrik dan tenaga surya yang terbatas. Presentasi ini membahas tentang solusi terbaik supaya jaringan bisa tetap ada di daerah yang terbatas listrik dan tenaga suryanya dengan menggunakan turbin air pico MikroTik.

Sekian dari saya kurang lebihnya mohon maaf

Wassalamualaikum Wr. Wb

 

Referensi

 


Source: Mikrotik User Meeting 2016 – Jakarta

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *