Cara Mengakses Jaringan Intranet dari Router yang tidak Memiliki IP Publik Statik

Tak bisa dipungkiri penggunaan Teknologi Informasi di segala bidang semakin pesat. Akses informasi dari segala lini juga makin hari makin berkembang. Kebutuhan untuk akses ke jaringan privat (lokal/intranet) melalui jaringan publik (internet) menjadi cukup krusial dan mulai banyak dibutuhkan.
Terutama ketika kita sedang berada di luar jangkauan keyboard atau bahasa keren nya Away from Keyboard (AFK), misal sedang berada di perjalanan ke luar kota tiba-tiba diminta bos file penting yang ada di komputer kantor. Nah, dalam kondisi seperti ini diperlukan akses dari internet ke jaringan intranet.
Solusi dari permasalahan itu adalah menggunakan Virtual Private Network (VPN). Namun untuk bisa membuat VPN Server diperlukan IP Publik yang dipasang pada router. Sementara banyak ISP di Indonesia yang hanya memberikan IP Publik di perangkat (modem) mereka, bukan di router kita. Hal ini tentunya akan menyusahkan kita untuk membuat VPN Server.
Nah, untuk mengatasi hal tersebut, kita bisa membuat sendiri VPN Server nya di luar router. Caranya dengan memanfaatkan cloud server dan diinstall Mikrotik Cloud Hosted Router (CHR) yang kemudian bisa kita setting sebagai VPN Concentrator Server. Untuk lebih jelasnya silakan lihat gambar topologi berikut :
Sebenarnya materi ini akan saya bawakan pada Mikrotik User Meeting Indonesia tahun 2017 ini di Royal Ambarrukmo, Yogyakarta. Namun karena telat daftar dan akhirnya kuota presenter penuh jadi materi ini gak bisa saya share disana. Oleh karena itu, saya share saja di blog ini supaya bisa bermanfaat.
Oke, materi ini sudah saya susun dan saya buatkan Video Tutorial Mikrotik nya. Ada 3 part video yang akan saya share, yaitu :

Part 1 : Penjelasan Konsep dan Topologi Jaringan yang digunakan

Part 2 : Instalasi Mikrotik CHR pada VPS dan Setting CHR sebagai VPN Concentrator Server

Part 3 : Konfigurasi Koneksi Secure Tunneling ke perangkat Client

Demikan materi yang dapat saya sampaikan. Semoga dapat bermanfaat bagi teman-teman semua 🙂

Source: Cara Mengakses Jaringan Intranet dari Router yang tidak Memiliki IP Publik Statik

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *